Kelebihan Android Marshmallow 6.0 dan Android Nougat 7.0

Google sudah resmi memberikan nama penerus Android Lollipop dengan nama “Marshmallow”. Sama seperti tahun sebelumnya, nama OS Android 6.0 tersebut memakai nama sebuah makanan.

Inilah sebuah tradisi yang coba  oleh Google sebagai ciri khas sitem operasi buatannya. Namun tim Android tidak menyebutkan alasan memilih nama “Marshmallow” sebagai Sistem Operasi penerus Android Lollipop.

Sebagai sistem operasi terbaru, tentunya Google dan tim Android telah menambahkan beragam fitur baru untuk menyempurnakan Android Lollipop ini. Memang cukup banyak fitur Android Marshmallow yang patut di uji kehebatannya oleh pengguna perangkat Android diseluruh dunia.

Apa saja fitur baru dan kelebihan Android Marshmallow ?

kelebihan-Android-Marshmallow

Modus ‘Doze’

Kelebihan yang pertama Android Marshmallow adalah modus “Doze” yaitu teknologi baru yang berfungsi untuk memperkecil konsumsi daya baterai ketika perangkat Android sedang pada kondisi standby atau mode sleep. Modus Doze terbukti sangat efektif untuk menghemat daya konsumsi baterai pada perangkat Android.

Dukungan USB Type C

Konektor jenis ini, memang baru dipasang pada sedikit perangkat Android, seperti OnePlus 2 dan Lenovo Zuk Z1. Uniknya, USB Type-C sudah didukung sepenuhnya oleh OS Android Marshmallow, sehingga pengisian baterai menjadi 5 kali lebih cepat dibanding menggunakan konektor microUSB tipe biasa. Selain dari itu, kelebihan Android Marshmallow lainnya adalah dapat mengisi smartphone lain pada waktu bersamaan, atau bisa dikatakan berfungsi sebagai sebuah powerbank.

Android Pay

Kelebihan Android Marshmallow yang paling diunggulkan Google yaitu fitur Android Pay. Teknologi pembayaran digital yang menggunakan koneksi NFC (Near Field Communication) tersebut, telah sepenuhnya berjalan baik pada OS Android Marshmallow, dan siap untuk bersaing dengan Apple Pay yang terlebih dahulu di komersilkan oleh pihak Apple. Kabar baiknya, Android Pay siap diresmikan di beberapa negara Asia Tenggara, dan kemungkinan akan segara hadir di Indonesia.

Sensor Sidik Jari

Meskipun banyak smartphone yang dipasang sensor sidik jari, namun Google belum melakukan standarisasi pendukung terhadap sensor sidik jari pada Android. Hasilnya setiap smartphone yang memakai sensor sidik jari memiliki spesifikasi dan kemampuan berbeda-beda. Namun itu semua menjadi masa lalu dengan hadirnya Android Marsmallow, diharapkan para vendor smartphone yang memberikan standarisasi scan sidik jari yang siap mengoptimalkan fitur security pada Android Pay dan data yang tersimpan pada perangkat Android berbasis Android Marshmallow.

App Permissions

Kelebihan lain dari Android Marshmallow selanjutnya adalah peningkatan dari fitur “App Permision”. Pengguna smartphone Android dapat mengatur ijin sebuah aplikasi dengan cara memilih “Allow” atau “Deny”.

Google Now on Tap

Pengguna smartphone Android pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi Google Now. Aplikasi yang memberikan beragam informasi lewat perintah suara, kini bisa diaktifkan dengan cara menahan tombol home beberapa detik, lalu akan secara otomatis melakukan perintah suara untuk informasi yang dicari. Kelebihan yang satu ini hampir mirip dengan yang ditawarkan Apple, yaitu pada aplikasi assisten pribadi “Siri” besutannya.

Kelebihan Android Nougat 7.0

Andoid-N

Andoid N

Belum lama ini Google telah resmi memperkenalkan OS Android terbarunya yaitu Android versi 7.0 dengan nama Android Nougat. OS tersebut merupakan penerus dari Android Marshmallow yang telah diresmikan satu tahun yang lalu.

OS tersebut pastinya hadir dengan memboyong fitur-fitur keren dan lebih menarik yang tak dapat dijumpai pada Android Marshamallow dan OS Android versi sebelumnya. Android Nougat ini adalah pembaruan dari Android Marshmallow. Jadi bisa dipastikan performanya juga semakin lebih baik. Pastinya banyak penggemar Android yang penasaran dengan berbagai kelebihan dari fitur-fitur yang dimiliki oleh Android Nougat.

Project Svelte

Salah satu fitur terbaru yang ada pada OS Android 7.0 ini adalah Project Svelte. Fitur tersebut menjadikan penggunaan mengurangi kinerja RAM menjadi lebih minim sehingga menjadikan perangkat lebih hemat baterai. Tak heran apabila nanti banyak perangkat smartphone Android Nougat yang mempunyai performa baterai lebih hebat dibandingkan dengan smartphone lain.

Virtual Reality

Seperti kita ketahui bahwa tekhnologi Virtual Reality atau disingkat VR merupakan salah satu teknologi yang tengah memuncak saat ini. Google ternyata juga tidak mau kalah dengan meluncurkan platform Virtual Reality bernama Google Daydream. Google ingin membangun sebuah eks-sistem teknologi VR yang keren dan menyenangkan.

Multitasking

Jika anda merupakan para pengguna smartphone High End Samsung tentunya sudah tak asing lagi dengan fitur multitasking di Android bukan? Fitur semacam itu sekarang telah hadir di OS Android Nougat sehingga pengguna Android bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

Night Mode

Pasti anda sudah tahu bahwa radiasi cahaya yang dipancarkan oleh layar smartphone kurang baik bagi kesehatan mata. Pada OS Android 7.0 ini terdapat fitur bernama night mode yang memungkinkan layar meredup dengan otomatis ketika digunakan sehingga mengurangi efek yang bisa merusak mata.

Notifications

Selain itu pada sistem operasi Android Nougat ini juga terdapat fitur notifikasi terbaru, di mana pengguna bisa langsung membuka dan membalas pesan masuk langsung lewat notifikasi tanpa perlu membuka aplikasi. Selain itu juga terdapat fitur bundle notifikasi yang bisa mengelompokkan notifikasi-notifikasi tertentu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s